17 November 2008

[media-riau] PRESS RELEASE: Parade Nusantara Mengadu ke DPD RI

Jakarta, 17 November 2008

 

Parade Nusantara Mengadu ke DPD RI

 

Para Kepala Desa/Lurah bersama perangkat desa dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam organisasi Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) mengadakan demonstrasi besar-besaran sejak pagi hari di depan Gedung Parlemen, Senayan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta (17/11). Mereka diperkirakan berjumlah dua ribuan orang, berbondong-bondong memenuhi sebagian jalan depan Gedung MPR/DPR RI, mengakibatkan kemacetan lalu-lintas. Para pendemo datang menumpang hampir seratusan kendaraan bus antar kota antar provinsi dan berbagai alat transportasi lainnya.

 

Sementara rekan-rekan mereka berorasi di depan Gedung Parlemen, sekitar 50-an perwakilan pendemo diterima menghadap oleh Pimpinan DPD, Laode Ida didampingi anggota DPD, Sudarto, di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen sekitar pukul 15.00 WIB. Pada kesempatan itu Ketua Delegasi Parade Nusantara, Slamet Raharjo, seorang kepala desa dari Jawa Timur menyampaikan tuntutan para Kepala Desa, Lurah, dan perangkat desa. Kepada Laode Ida, para perwakilan mengadukan nasib mereka yang semakin sulit di balik beban tugas pemerintahan desa yang semakin berat. Juga, mereka mengemban amanat rakyat dari desanya masing-masing agar kesejahteraan masyarakat benar-benar diperhatikan oleh Pemerintah Pusat.

 

"Desa mempunyai posisi yang strategis dan sebagai miniatur negara Indonesia perlu mendapatkan perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang selama ini masih belum sesuai dengan harapan masyarakat, oleh karena itu diharapkan agar Alokasi Dana Desa (ADD) dapat ditingkatkan dari hanya 1 % menjadi 10% dari APBN," ujar Slamet Raharjo yang juga menjabat sebagai Ketua Parade Nusantara Jawa Timur.

 

Di samping tuntutan ADD sebesar 10 persen itu, para pendemo juga menuntut adanya perpanjangan periode pemerintahan desa dari 5 tahun menjadi 10 tahun. "Hal ini penting agar masyarakat tidak harus setiap saat disibukkan dengan persoalan pemilihan demi pemilihan (Pilkada) yang seakan tiada henti-hentinya," lanjut Slamet lagi.

 

Menanggapi hal tersebut, Laode Ida, menyampaikan sikap DPD yang amat senang dan selalu bersedia menerima aspirasi masyarakat desa/kelurahan dari daerah-daerah di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa DPD akan mendorong untuk memperjuangkan masa jabatan Kepala Desa maksimal 10 tahun dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 10% dari APBN sesuai dengan aspirasi yang disampaikan oleh Parade Nusantara.

 

"Kesejahteraan masyarakat desa di semua daerah di Indonesia adalah kewajiban negara untuk meningkatkan dan memenuhinya. Oleh sebab itu, DPD akan senantiasa berupaya mendorong agar aspirasi yang disampaikan Parade Nusantara ini mendapat perhatian serius dari Pemerintah," kata Laode Ida.

 

Sebagaimana diketahui, saat ini DPD sedang dalam proses melakukan revisi UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang akan dibagi menjadi 3 (tiga) RUU yakni RUU tentang Pemerintahan Daerah, RUU tentang Pilkada, RUU tentang Desa. Terkait RUU Desa, di dalamnya memuat beberapa pokok materi yaitu issue kedudukan dan kewenangan desa, demokrasi dan pemerintahan desa, keuangan dan pembangunan desa, serta permasalahan desa dalam kaitannya dengan desa adat/budaya.

 

"DPD berharap agar keinginan Kepala Desa dan Lurah, serta seluruh perangkat desa yang telah disampaikan ke DPD akan terakomodasi dalam RUU tersebut," pungkas Laode Ida. (WL)

 

Pada akhir acara yang berlansung kurang-lebih 1,5 jam itu, Slamet Raharjo bersama rombongan perwakilan Parade Nusantara menyatakan puas atas penerimaan aspirasi mereka oleh DPD. "Kita merasa lega, akhirnya suara kamu juga didengar dan mudah-mudahan akan diakomodasi dengan baik oleh Pemerintah Pusat melalui usaha-usaha yang akan dilakukan DPD RI," ujar Slamet yang diiyakan oleh kawan-kawannya. (WL)

 

Siaran pers ini dikeluarkan secara resmi oleh

Bagian Hubungan Antar-Lembaga dan Pemberitaan Sekretariat Jenderal DPD

 

Penanggungjawab:

A Djunaedi

my personal room at http://saintlover.blogsome.com
 


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: